Pages

Rabu, 20 Juni 2012

6 Effective Learning Untuk Masa Depan Kita

1. Tanamkan motivas



Katakan apa yang akan diraih hari ini saat perjalanan ke sekolah. Pasti ingin mendapatkan ilmu kan? Tapi, ilmu yang bermanfaat. Jadi, jalan jauh dari mana aja gak sia-sia, lho. Sia-sia orang tua sudah membanting tulang untuk membanting tulang untuk kita tapi tiba di rumah kita gak ngerti apa-apa alias melongo jika ditanya, "Belajar apa tadi di sekolah?" Kan, malu? Katakan dalam hati: orang tua sudah berkorban segalanya untuk saya. Jadi, saya harus bisa mengerti lebih kepada orang tua. Nah, kalau begitu kan jadi semangat belajar di rumah atau di sekolah

2. Buat Target



Setelah kita menanamkan motivasi, buat target. Target dimana yang harus tuju terutama seperti Lulus UN, Masuk PTN, Lulus ujian semester. Buat terget nilai sesuai dengan kemampuan, ya. Kalau targetnya berupa peringkat kelas, juga bisa. Tapi, ingat satu hal. L-O-G-I-S. Kalau kadar otakmu hanya bisa mencapai 20 besar, 10 besar di kelas, atau mendapat nilai 80,90 saja, ya lakukan itu. Jangan terlalu terobsesi dengna posisi bintang kelas. Itu hanya akan menambah beban. Tapi bila bisa dilakukan juga bagus kok.

3 Dicicil, bukan Dikebut !



Hendaknya, belajar dengan Sistem Kredit, bukan SKS. Kan SKS cara belajar anak jaman sekarang, alis SISTEM KEBUT SEMALAM. Benarkah apa kata pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Kenapa sih harus di kredit bukan di kebut? Bukannya sama aja? Eits. HIlangkan sudut pandang seperti itu. Karena, otak kita butuh waktu untuk memproses informasi. Kalau kita belajar dengan metode SISTEM KEBUT SEMALAM, dijamin 100% gak bakalan berhasil. Malah bisa-bisa saat ulangan, bukannya menjawab soal malag bengong karena lupa semuanya. Blank..

4. Buat rangkuman, kalau gak... Rapikan catatanmu



Kalau yang ini, udah gak musim nya lagi rangkuman ke bawah dengan tinta hitam. coba dengan cara baru, MindMap karena hanya mementingkan kata kunci yang penting-penting aja. Jadi gak berat kan ngapalinnya.


mindmap

Kalau ribet, bisa juga dengan rapikan catatanmu. Catatan yang rapi lebih enak untuk dibaca (yang tulisannya jelek mohon di perbaiki)

5. Tutup dengan Soal Latihan



Nah kalau intuk ini khususu untuk ilmu-ilmu pasti. Practice makes perfect. Kalau misalnya tahu konsep-konsep seperti matematika, fisika, kimia, dll tanpa pernah di latih SAMA AJA BOHONG.Kiranya persiapkan ulangan dengan berlatih. Jangan membuat catatan kecil, ingat kata Syahrini "Tobatlah Tobat" karena dengan berlatih, kita sudah menghafal rumus-rumus dengan sendirinya, lho...

6. Usaha sendiri saat ulangan



Saat ulangan, coba deh untuk mengerjakan soal-soalmu sendiri, tanpa perlu 'Tari Bali' (baca: tengok kanan kiri) inget, MENCONTEK=MENCURI. Kenapa? Mencontek itu bisa mencuri kepercayaan diri kita. Kerjakan aja dengan penuh percaya diri.

Nah, semoga dengan cara-cara itu, kita bisa mendapatkan prestasi gemilang di sekolah dengan mudah, tanpa harus bersekutu dengan cara-cara. Buktikan bahwa kita bisa seperti mereka

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar